Feeds:
Posts
Comments

Petrouchka

Pernah nonton dorama (drama-nya Jepang) yang judulnya Nodame Cantabile? Ini tentang musik klasik, perjuangan pencapian cita-cita sih.. ada kisah cintanya (sepertinya semua film juga begitu), komedi juga ada, bagus banget deh! Ini diangkat dari sebuah komik yang berjudul sama Nodame Cantabile. Dari film2 yang aku lihat, ini yang mendekati kayak baca komiknya, efek-efeknya itu ada, terus juga kebodohan-kebodohan dalam komik juga ada, ekspresi juga lumayan mirip, dibandingankan dengan Princess Hour yang diangkat dari komik korea berjudul GOONG(lucuan baca komiknya), Nodame Cantabile yang unggul.
Namanya aja cerita tentang musik klasik, tentu banyak musik klasik yang dimainkan disini. Bagus semua dan saya pun suka semua, tapi ada yang paling saya suka yaitu yang Mozart- Oboe Concerto- 1st movement, Beethoven- Violin Sonata no. 5 Opus 24 ‘Spring’- 1st movement, dan yang menarik itu Stravinsky- Trois mouvement de Petrouchka – 1 – Dense russe [yang for piano]. Saat mendengar awalnya sangat unik, apalagi karena dimainkan oleh piano saja tapi bisa ‘rame’ dan awalnya ceria. Namun jika dilihat dari cerita sebenarnya, sangat menyedihkan.
Dalam film ini juga dijelaskan mengenai Petrouchka secara singkat. Saat itu Harisen(Guru-nya Nodame yang galak :P) menjelaskan kepada Nodame “For a diffrent manipulator, into the puppets. But this puppets will become real human in the end. It’s a sad story”
Klo tanggapan Nodame “It’s like a fun toy kingdom. It’s like a music for carnival.”
Iya klo menurut saya sih emang musik yang ceria tanpa melihat apa sebenarnya cerita di dalam musik tersebut yang sebenarnya menyedihkan.
Karena penasaran saya cari di google dan ketemu di Wikipedia.
Kenyataan yang di dapat :
Petrouchka, yang juga dikenal dengan petrushka, ini bercerita tentang sebuah boneka yang terbuat dari jerami dan tubuhnya dari sekantong serbuk gergaji yang menjadi hidup dan menemukan emosi. Cerita ini seperti Pinokio karena boneka yang bisa hidup tapi lebih umum seperti Frankestein. Cerita ini terdiri dari beberapa bagian.
Bagian pertama, yaitu ketika Charlatan mempernalkan tokoh bonekanya yang ada dalam teater antara lain Petrushka, Balerina, dan Moor. Dengan mantra boneka2 tersebut hidup dan menari selama karnaval berlangsung.
Bagian Kedua, kemudian Petrushka dimasukkan dalam sebuah sel yang tidak nyaman lah, disini terlihat bahwa kehidupan Petrushka sangat muram. Meski dia sebuah boneka, namun dia memiliki persaan seperti halnya manusia. Dia kemudian jatuh cinta dengan Balerina itu. Dia mencoba untuk kabur dari sel tersebut namun gagal. Saat Balerina masuk ke ruangan, Petrushka menyatakan cintanya, namun ditolak oleh Balerina dan bergegas meninggalkan Pertushka. Petrushka sangat tidak berdaya.
Bagian ketiga, disini kondisi Moor sangat berbeda dengan Petrushka, ruangannya sangat nyaman pada intinya. Kemudian oleh Charlatan, Balerina dipindahkan ke ruangan Moor. Disini mereka berdua berdansa. Akhirnya Petrushka dapat bebas dari sel-nya. Petrushkan kemudian menyerang Moor, namun akhirnya dia menyadari bahwa dirinya terlalu lemah untuk melawan Moor. Petrushka melarikan diri untuk menyelamatkan nyawanya, namun Moor terus mengejar Petrushka.
Bagian keempat yang merupakan bagian terakhir, Petrushka tertangkap oleh Moor dan akhirnya terbunuh. Charlatan diintrogasi oleh polisi. Petrushka menjadi hantu dan menangis diatas atap sebuah teater kecil. Selesai!
Singkatnya seperti itulah, klo mau lengkap baca sendiri aja di Wikipedia, tapi adanya bahasa Inggris deh kayaknya..Hehee lupa nyari yang bahasa indonesia.
Cerita diatas merupakan bagian lengkap dari cerita Petrushka. Pada tahun 1921 Stravinsky membuat arensemen piano untuk Arthur Rubinstein dengan judul Trois mouvement de Petrushka(musik yang saya sebutkan di awal tadi). Tahun 1947 diubah dengan memotong beberapa adegan dalam cerita, yaitu pada bagian saat pertarungan antara Moor dan Petrushka, kematian Petrushka, dan saat Petrushka menjadi hantu.
Sangat menyedihkan kan ceritanya, namun lagunya jika didengar sepertinya sangat menyenangkan walau ada bagian yang seperti ada konflik yang meresahkan.
Oh ya, klo di Nodame Cantabile, Nodame-nya tidak berhasil memainkan dengan benar karena sakit dan ada musik pengganggu yang membuat ingatannya malah jadi musik itu bukan Petrouchka.</p200px-Stravinsky_Nijiinsky>

First Love

First love, adakah yang belum pernah jatuh cinta?

Saya menulis tentang ini bukan berarti saya sedang jatuh cinta lho ya… hanya lagi pingin tau aja arti dari lirik lagu Utada Hikaru yang First Love ini kayak apa toh ya… Googling di mbah google ketemu deh,, ternyata artinya… hmm… gitu deh… 😛

Ini versi Jepangnya dulu (lebih suka yang ini, lebih enaak dengarnya)

Saigo no kisu wa tabako no flavor ga shita
Nigakute setsunai kaori

Ashita no imagoro ni wa
Anata wa doko ni irundarou
Dare wo omotterundarou

You are always gonna be my love
Itsuka darekato mata koi ni ochitemo
I’ll remember to love you taught me how
You are always gonna be the one
Ima wa mada kanashii love song
Atarashi uta utaeru made

Tachidomaru jikan ga
Ugoki dasouto shiteru
Wasureta kunai kotobakari

Ashita no imagoro niwa
Watashi wa kitto naiteru
Anatawo omotterundarou

You will always be inside my heart
Itsumo anata dake no basho ga aru kara
I hope that I have a place
in your heart too
Now and forever you are still the one
Ima wa mada kanashii love song
Atarashii uta utaeru made

You are always gonna be my love
Itsuka darekato mata koi ni ochitemo
I’ll remember to love you taught me how
You are always gonna be the one
Mada kanashii love song
Now and forever

Klo yang ini versi Englishnya

Once in a while
You are in my mind
I think about the days that we

Continue Reading »

Rubik Cube

Pada tau kan apa itu yang namanya RUBIK? he,, dulu saya bilangnya rubRik (jadi malu sendiri)… bagi yang masih asing dengan 5 huruf itu… Rubik itu kubus yang berwarna-warni punya 6 buah warna… yang kemudian diacak-acak mpe g berurutan terus kita mengurutkannya lagi seperti semula… (sepertinya kurang kerjaan,, tapi menyenangkan lho…) Rubik itu ada macam2 jenis.. Ah,, tapi saya tidak akan banyak bicara seluk beluk and aneka macam rubik,, saya hanya tau sedikit sekali… ^-^V

Rubik ini permainan yang mengasah otak,, dan juga konsentrasi klo menurut saya….

Bermula dari seorang teman yang maniak rubik,, mulai membicarakan rubik dan akhirnya saya pun jadi ikut2an main rubik.. (dulu sih pernah,, tapiii… g pernah bisa nge-solve.. baru sekarang bisa… senangnya… :D). Rubik pun saya bawa ke kampus terutama saya bawa ke Laboratorium dan mulai ‘meracuni’ para penghuni Lab KSC tuk main rubik… dah ada korban lho… dan alhamdulillah terus bertambah…. sedikit demi sedikit.. jadi senang deh!!! 😀

Waktu ‘meracuni’ mereka,, sebenarnya saya masih belum bisa,, tapi kan menyenangkan jika belajar bareng-bareng… rame-rame… dan akhirnya saya bisa… hehehe…. masih lama sih,, tapi g mpe 1 jam.. haha.. termasuk lama banget…!!! padahal yang lain cuma beberapa menit,, bahkan ada yang mpe 6.57 detik! lihat di sini ada yang bisa menyelesaikan hanya dengann satu tangan… wah…keren2 deh!!

Klo pada penasaran,, coba aja cari algoritmanya di ‘mbah’ google… banyak lho… ada video2nya juga…

Ayo main rubik… ^0^/

Semalam saya ngobrol dengan teman saya via sms (klo tlp mahal je,, dan tidak bisa sambil melakukan hal yang lain). Ngobrol kemana-mana akhirnya malah tentang orang yang jatuh cinta, mengingatkan saya tentang keadaan disekitar sedang mewabah virus merah jambu. Melihat orang yang sedang jatuh cinta bisa membuat saya tersenyum. Tingkahnya yang terkadang aneh dan mencurigakan, apalagi jika mulai salah tingkah.

Melihat orang jatuh cinta bisa ikut merasakan rasa bahagianya lho… Karena mereka akan cenderung lebih bersemangat dan terkesan lebih ceria dari yang lainnya atau juga dari yang biasanya.

Melihat orang yang jatuh cinta bisa membuat hati yang sedih ikut tersenyum. Dulu sewaktu saya lagi sedih, saya bisa tersenyum melihat tingkah orang yang jatuh cinta. Emosi yang mereka pancarkan bisa bermacam-macam menurut saya. Kadang ceria, tertawa, gelisah, sedih, semuanya jadi satu. Kadang jika mereka sedang sedih karena si ‘dia’ juga sedih, saya malah tersenyum, tapi bukan karena senyum senang mereka bersedih, tapi senyum karena kagum dengan yang mereka rasakan, ketulusan mereka, bisa melihat cinta yang memang indah.

Melihat orang yang jatuh cinta saat mereka sedang malu-malu dan wajah mereka sedikit merona, senyum yang aneh pun terukir di bibir mereka, juga bisa membuat saya tersenyum. Alangkah hebatnya cinta bisa membuat orang jadi tidak karuan sikapnya.

Mungkin tidak hanya saya yang merasa demikian, mungkin salah satunya juga Anda.

Cinta tidak hanya dapat dirasakan oleh orang yang sedang jatuh cinta, dan cinta tidak hanya bisa membuat bahagia orang yang sedang jatuh cinta, tapi cinta juga dapat membuat orang lain disekitarnya ikut bahagia juga.

Cinta, indah melebihi indahnya bunga di taman.

Cinta yang begitu hebat.

Sedangkan Allah SWT, yang menciptakan cinta.. Lebih hebat dari cinta itu sendiri.. dan lebih indah dari cinta itu sendiri… subhanallah…

Cinta yang abadi hanyalah milik-Nya.. kepada-Nya…

Jika cinta kepada sesama manusia bisa begitu indah, akan lebih indah jika cinta kepada-Nya… sangat indah melebihi indahnya cinta yang kutau kini… pastilah lebih indah jika dari-Nya…

Seberapa besarkah cinta kita pada-Nya kini?

Hari sabtu kemarin seperti biasa, mendengarkan radio swaragama, kemudian saya mendengar lagu sepertinya OST dari Ketika Cinta Bertasbih. Saat mendengarkannya entah kenapa hati saya bergetar, jadi deg-deg kan, aneh gitu.. hehe.. lebay banget ya?! Tapi emang begitulah, lagunya sangat mengena di hati, semoga film-nya pun juga demikian… amiin.. jadi gak sabar nunggu film-nya… pingin nonton… bahkan pingin baca novelnya lagi (rekor lho.. aku kan jarang doyan baca novel…hehehe.. ada yang punya g? Pinjam dong….ya please.. –hihi.. tetep g modal-)
Humm.. apa dengan munculnya OST_KCB ini pertanda film-nya akan segera rampung (atau sudah rampung) dan segera beredar “di bioskop2 kesayangan Anda” (iklan banget..)
Ini lirik dari OST_KCB, tapi ada kata yang saya g jelas dengarnya jadi.. ya.. g lengkap.. klo ada yang salah ya tolong diralat ya… makasih..
Oh ya, bagi yang berharap mendownload MP3-nya,, maaf saya tidak menyediakan downloadnya… maaf ya…

Bertuturlah cinta
Mengucap satu nama
Seindah goresan
Se_____ dalam kitabku

Cinta yang bertasbih
Mengutus hati ini
Kusandarkan hidup dan matiku pada-Mu

(1)
Bisikan do’aku dalam butiran tasbih
Ku panjatkan pintaku pada-Mu Maha Cinta
Sudah diubun-ubun
Cinta mengusik rasa
Tak bisa ku paksa walau hatiku menjerit

(2)
Ketika Cinta Bertasbih
Nadiku berdenyut merdu
Kembang kempis dadaku
Merangkai butir cinta
Garis tangan tergambar
Tak bisa aku menentang
Sujud syukur pada-Mu atas segala cinta

(1)
(2)
Cinta…
(2)
Garis tangan tergambar
Tak bisa aku menentang
Sujud syukur pada-Mu atas segala cinta

Ketika Cinta Bertasbih

Haduw.. masih berdebar-debar mpe sekarang… Luv KCB deh… AAC juga.. Hidup Per-Film-an Indonesia, terutama yang Islami 😛 hehehehe…. setelah KCB apa lagi ya kira2… [membayangkan mode : ON]. Ehm.. kabarnya sih… 11 juni tayangnya.. tunggu aja… ^^

Siaran di unisi

Kemarin sore saya menerima telepon dari mas Robby(asslab KSC, angkatan atas saya) yang mengajak untuk ikut mengisi siaran di unisi, kemudian disusul dengan sms dari Andika (asslab KSC, seangkatan dg saya) juga menginformasikan hal yang sama, kemudian saya mengirimkan sms ke Ardhy(ini juga asslab KSC yang seangkatan dg saya). Saya bingung waktu diminta itu, mau ngisi tentang apa?? Itu yang saya pikir. Waktu di telp sih mas Robby menyarankan tentang blog,, humph… yapz.. saya memang suka nge-blog, tapi… uhm… tak begitu mengerti teknis yang mpe expert gt.. Untung saja saya tidak sendiri… ^0^/

Kami berkumpul di kos-nya mas Robby,, hm.. ternyata Yudha(asslab KSC juga sengakatan dg saya) juga kena ‘jebakan’, yapz… Emang disengaja (dan juga karena yang biasanya ngisi siaran pada pulang kampung). Saat itu kami rasanya pingin ngabur dengan segala alasan, tapi tidak jadi, terus maju… Awalnya mas Robby hanya akan mengantar saja, dan kami yang masuk untuk mengisi siaran, tapi… kami tidak mau masuk klo mas Robby gak mau masuk.. hehehe… 😛

Setelah masuk ruangan, Yudha duduk dekat pintu, kemudian saat mas Robby mau keluar Yudha langsung menghalangi pintu…(good job Yudha!), dan akhirnya mas Robby tidak bisa keluar sampai acaranya selesai. Bagusnya lagi mas Bintang, penyiarnya, juga menyebutkan nama mas Robby… hehehe… jadi ikut siaran juga deh… 😛

Di dalam ruangan kami ribut siapa yang ngomong dulu, siapa yang jawab pertanyaan, dan saya g nyangka, bisa ya ternyata seorang Ardhy grogi mpe kelihatan groginya… ^0^V( peace Dhy… ). Dengan adanya ini saya jadi tau gitu toh rasanya siaran, hehe.. yah, yang namanya rame2 ma temen2 tuh emang asik, siaran pun meski tegang tapi asik juga…

Ya, jika kemarin ada yang mendengarkan siaran kami,, maaf ya klo ada salah, maklum kami pemula… :DV

Jangan lupa ya dengerin radio UNISI klo hari jumat jam 20.00 ada topik tentang dunia IT,, dan tunggu KSC tampil lagi… 😀

Dari Wirobrajan

Kata abadi, setau aku sih artinya kekal, terus ada dan tidak hilang. Apa yang bisa mengabadikan suatu kejadian?

1. Dokumentasi(foto, rekaman video, dsb)? Salah satunya, tapi bisa juga kan hilang?

2. Memori, meski bertahun-tahun, jika kejadian itu sangat mengena, pasti akan terus teringat… kecuali jika tiba2 hilang ingatan.. tapi ini pun masih ada kemungkinan ingat kembali.

Mengenai memori, kemarin malam saya berniat tuk makan di daerah kos saya waktu SMA (daerah Wirobrajan), sayang sekali tempat tersebut tutup. NUNUT, itu nama lesahannya, menu makanannya sih nasi goreng, cap cai, fuyung hai, dan sejenisnya. Tempat itu termasuk tempat favorit saya dan teman saya, karena enak, harga standart, dan porsinya banyak… 😀 hehehehe…. Entah mengapa makanan yang dekat kos saya waktu SMA dulu itu hampir semua enak-enak… Apalagi jika makannya bareng-bareng temen yang rame… Uuh… jadi kangen… >.< (Waduw.. malah ngomongin makanan…).

Banyak ternyata yang berubah di sana, saya kaget waktu melihat bangunan GO ada di sana, terus ditambah lagi ada minimarket. Saya kaget mpe bingung,, ya maklum, emang saya jarang banget main ke sana. Banyak hal yang berubah di sini, tapi kenangan yang ada takkan hilang. Sejuta lebih kenangan ada di sana, dan saya lebih suka mengingat kenangan yang membuat saya tersenyum ketika mengingatnya. Karena disanalah pertama kali saya hidup sendiri di Yogyakarta, pertama kali saya mendapat teman2 yang sangat hebat, tempat saya mendapatkan banyak pelajaran tentang hidup. Dan saya sangat suka dengan kos saya dulu, Gbpan…

Saya perkenalkan anggota-nya ya…

gbpan

Angkatan pertama saat Gbpan dibentuk : Ega, De2xz, Uva (mereka bertiga ikut akselerasi, jadi lulusnya 1 tahun lebih cepat dari saya). Mbak Ira, Mbak Yani, Mbak Gina (Ini penghuni sebelum kami..). Afee, Alifah, Ellen, Lia, Maya, Nita, Ndari(nama populernya, sebenarnya sih pinginnya di panggil Eka), Rina, Saya, (ini yang dari awal mpe lulus setia di GBpan). Kemudian angkatan kedua (maaf ya klo aku lupa)^.^V : Loki(nama kerennya, aslinya Phyta, ini akselerasi jadi lulusnya tahun 2007), Dian, Indah, Lala, Rahma, Devi & Dilla(angkatan 2007, waktu kelas 3 g ngekos lagi…). Angkatan ketiga : Yuni Pita (ini angkatan 2007 tapi), Anggrina(ini angkatan 2008), Zulfa, Ayu, Ovi. Angakatan setelah… maaf ya.. saya tidak tau.. ^.^V peace…

de2xuvaega

Banyak hal yang terjadi di kos ini, konflik tentu ada, tawa canda lebih banyak tentunya, banyak kenangan banyak hal yang takkan terlupakan. Oh ya, ada penyusup(bukan penghuni kos tapi sering main ke kos, anak MUHI, namanya Eki).

denah